Tata Motors Siap Ramaikan Pasar 'Small Hatchback'

Tata Motors berencana menghadirkan mobil pertamanya di Tanah Air, yang diperkirakan pada awal semester kedua tahun ini. Model yang dijual pertama kali oleh TMI (Tata Motors Indonesia) adalah small hatchback.

Dikatakan, langkah tersebut diambil karena pertumbuhan segmen small hatchback saat ini meningkat pesat. Apalagi jika program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) disetujui pemerintah. Pasar di segment tersebut akan "booming".

Melihat tren tersebut,TMI akhirnya memutuskan memasarkan hatchback kecil yang didatangkan langsung dari India (CBU). Berdasarkan penulusuran di situs resmi Tata Motors, produk yang mejeng di IIMS 2012 lalu adalah Vista.

Model ini dimensinya sedikit lebih besar dari Toyota Yaris atau Honda Jazz, namun menggunakan mesin 1.248 cc. Di negara asalnya, Indica Vista dijual  410.659 rupee atau sekitar Rp 73 juta, karena harus ditambahkan dengan  beragam pajak yang mencapai 42,5 persen. Perkiraan harga bisa menjadi Rp 104 juta.

Itupun belum termasuk ongkos kirim dan asuransi pengiriman dari India. Harga tersebut masih tergolong murah jika dibandingkan dengan Kia Picanto, Nissan March, Honda Brio ataupun Mitsubishi Mirage yang dijual di atas Rp 130 juta.