Inilah Cara Mudah Pasang Kaca Film Mobil dan Perawatannya


Untuk menangkal panas, dan agar tidak terlalu terekspos dari luar, pengguna mobil sudah terbiasa dengan kaca film di kendaraan mereka. Namun tidak sedikit para pengendara tidak tahu bagaimana merawat kaca film agar kualitasnya terjaga.

Perawatan kaca film itu cukup dengan air biasa saja dengan menggunakan tisu. Jangan menggunakan zat kimia pembersih, karena ini bisa merusak struktur filmnya.

Juga tidak menyarankan mengelap kaca film dengan sebuah kain. Kalau menggunakan kain untuk mengelap, malah buat baret nantinya. Begitu juga kanebo, kanebo juga kan biasanya kena shampoo mobil atau zat kimia lainnya. Ini juga bisa merusak kaca film.

Nah, agar tampilan kaca film kendaraan Anda terus kinclong. Anda harus perhatikan pemasangannya semenjak awal, dan berikut cara merawat kaca film, dan memilih kaca film yang terbaik untuk mobil kesayangan anda.

1. Tingkat Kegelapan Kaca Film

Banyak pengendara lebih memilih bergaya, dengan menggunakan kaca film diatas 60 persen tingkat kegelapan. Padahal kaca film yang paling ideal memiliki tingkat kegelapan 60 persen.

2. Pentingnya ketelitian, kebersihan dalam memasang kaca film

Mulai sekarang, sebelum memang sebuah kaca film kendaraan. Pastikan anda atau tinter harus teliti dalam ukuran yang sesuai kaca. Dan pastikan kaca anda dan kaca film dalam keadaan bersih.

3. Pastikan kaca film dan kaca kendaraan anda tidak cacat

Hal paling mendasar sebelum memasang kaca film, ialah pastikan kaca film yang anda pilih tidak memiliki cacat. Begitu juga dengan kaca kendaraan anda. Agar hasil kaca film bisa maksimal. 

4. Bersihkan terlebih dahulu kaca mobil sebelum menempelkan kaca film

Bersihkan terlebih dahulu kaca mobil anda menggunakan shampoo pembersih, lalu keringkan jangan sampai ada yang tersisa air. Agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Pastikan pemasangan kaca film telah menempel dengan benar

Bila pemasangan kaca film tidak rapih atau tidak bener-benar menempel semuanya. Maka kaca film dapat melembung, dan kemasukan air. Oleh sebab itu pastikan kaca film telah menempel seluruhnya.

6. Gunakan sistem roll up pada kaca depan dan belakang mobil

Tingkat tersulit pemasangan kaca film mobil, terletak kepada bagian depan dan belakang. Sehingga hal ini membutuhkan teknik yangb benar dalam pemasangan kaca mobil. Salah satunya menggunakan teknik Roll up. Dimana kaca film telah diukur terlebih dahulu, lalu digulung. Setelah itu baru ditempelkan dengan perlahan dari satu sisi kesisi yang lain.


7. Gunakan pemanas (hair Dryer) untuk kaca mobil bagian depan dan belakang

Karena memiliki bentuk yang lebar, panjang dan melengkung. Hal ini mengharuskan setiap pemasang kaca film menggunakan hair Dryer dengan suhu yang cukup. Agar kaca film benar-benar menempel dengan rata. 

8. Terkena air hujan, kaca film langsung dibilas

Di saat musim hujan, bila kendaraan anda terkena hujan. Maka secara cepat harus dibilas, agar tidak merusak struktur kaca film.

9. Gunakan sabun bila ingin melepas kaca film

Bila kaca film anda sudah kusam dan membuat jelek tampilan mobil anda. Anda bisa langsung mencopotnya dengan cara yang baik. Diantaranya, basahi kaca film yang tertempel di kaca Anda menggunakan sabun atau shampoo. Setelah basah, tariklah secara perlahan sembari disirami air dengan sabun dan shampoo sambil dilap.

Lakukan dengan sangat perlahan hingga terkelupas semua. Lalu bersihkan kembali kaca mobil anda dengan bersih, sebelum mengganti kaca film kendaraan anda.