Inilah Lima Mobil Bekas Bernilai Jual Tinggi


Penyusutan atau depresiasi jamak terjadi pada aset bergerak. Lantaran digunakan secara berkala, nilai aset seperti mobil atau sepeda motor bakal turun.

Namun, ada mobil tertentu yang memiliki harga jual kembali (resale value) tinggi. Nilai resale value mobil-mobil tersebut tak terlalu jauh dibandingkan harga barunya. Bisa dikatakan nilai depresiasi mobil tersebut cukup rendah. 

Seperti dikutip dari daftar Kelley Blue Book, berikut model kendaraan dengan resale value tertinggi.


1. Toyota FJ Cruiser
Harga : US$ 28 ribu (Rp 270 juta)
Resale value
- Setelah tiga tahun : 76 persen
- Setelah lima tahun : 63 persen 
Deskripsi : dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi (20 mil per galon) ditambah desain futuristik, FJ Cruiser menjadi model yang paling banyak ditaksir calon konsumen. Meski sudah meluncur sejak 2003, peminat SUV off-road ini masih banyak. 

2. Toyota Tacoma
Harga : US$ 18 ribu (Rp 173,2 juta)
Resale value
- setelah tiga tahun : 70,6 persen 
- setelah lima tahun : 57 persen 
Deskripsi : Tacoma merupakan mini truk paling laris di Amerika Serikat. Maklum, pikap kabin ganda ini tangguh di segala medan namun memiliki fitur kenyamanan yang setara mobil keluarga. Untuk kelas truk dan SUV, konsumsi bahan bakarnya cukup hemat : 24 mil per galon.

3. Jeep Wrangler
Harga : US$ 23 ribu (Rp 221,3 juta)
Resale value
- Setelah tiga tahun : 67,6 persen 
- Setelah lima tahun : 55,4 persen 
Deskripsi : mobil ini menjadi impian penggila off-road. Dengan sosok klasiknya, hampir sama dengan model awal yang dirilis tahun 1987, Jeep Wrangler mampu menyandang resale value yang tinggi. Mobil ini pun menjadi simbol kebanggaan Amerika. 

4. Honda CR-V
Harga : US$ 23.500 (Rp 226,1 juta)
Resale value
- Setelah tiga tahun : 64,7 persen 
- Setelah lima tahun : 50,7 persen 
Deskripsi : CR-V menjadi mobil crossover SUV unggulan Honda sejak 1998 hingga saat ini. Di lima benua, CR-V mampu mendongkrak penjualan Honda secara signifikan. Model ini mewakili sosok mobil urban yang juga tangguh di medan berat.

5. Honda Civic
Harga : US$ 20 ribu (Rp 192,5 juta)
Resale value
- Setelah tiga tahun : 62,5 persen
- Setelah lima tahun : 46,9 persen 
Deskripsi : setelah hadir selama tiga dekade, penjualan Honda Civic mampu menopang bisnis Honda di berbagai negara. Civic pun mampu mewakili beragam selera konsumen lantaran memiliki banyak model, dari sedan kompak hingga hatchback.