Inilah Mobil Listrik Pertama Dijual Resmi di Indonesia


Mobil listrik sedang menghangatkan industri otomotif nasional. Mobil listrik pertama yang dijual secara resmi di kawasan Asia khususnya di Indonesia ini dinamakan Tazzari Electric Zero Evo ini. 


Mobil asal Imola, Italia ini sudah full listrik, enggak perlu isi bensin jadi tinggal colok di stop kontak biasa. Untuk menjalankannya, cukup putar kunci kontak, maka panel instrumen berlayar sentuh ini akan menyala menyuguhkan ragam fitur komando mobil. Untuk transmisinya hanya ada maju dan mundur yang bisa dipilih dan ditekan setelah menginjak pedal rem.

Ada empat pilihan mode mengemudi yang menjadi fitur unik. Yaitu mode Race yang menawarkan keunggulan performa, Economy untuk penghematan daya baterai dan mode Standar guna pengendalian harian serta Rain yang akan mengimprovisasi pengendalian mobil ketika jalanan basah.


Fitur-fitur layaknya mobil standar sudah menjadi kelengkapannya. Di antaranya electric mirror, electric power window, central door lock hingga immobilizer. Tazzari ditenagai oleh penggerak motor gerak roda belakang 3-phase asynch. Baterai yang digunakan merupakan Lithium generasi terakhir yang punya sistem tipe Li-ion Fe berdaya 220 volt.  Dimensi baterainya kompak, diletakkan di kolong bodi mobil.

Kecepatan maksimal diklaim mencapai 100 km/jam dengan torsi maksimum 150 Nm. Kalau isi baterai full bisa sampai jarak 200 km. Dibutuhkan daya minimal 2.200 volt jika pengisian dilakukan di rumah dan jika mengandalkan genset, minimum daya yang diperlukan adalah 3.000 volt. Pada spesifikasi resminya, pengisian daya hingga 100 % membutuhkan waktu hingga 9 jam.