Cukup Dengan Rp.8.000, Mobil Listrik Ini Bisa Tempuh Jarak 135 Km


PT PLN (Persero) unjuk gigi memamerkan mobil listrik miliknya, untuk mengisi baterai mobil listrik nasional Evina alias Electric Vehicle Indonesia cukup Rp 7.620 saja sekali ngecas.

Dalam hitungan PT Perusahaan Listrik Negara, Evina hanya menyedot listrik sekitar 4,4 kwH dalam pengisian baterai selama tiga jam pada tegangan AC 220 Volt (listrik yang tersalur ke rumah). 


Jika diasumsikan harga jual listrik non subsidi per kwh Rp 1.650, maka Evina Putih ini cukup membayar Rp 7.620 untuk satu kali pengisian. 

Mobil listrik yang juga dikembangkan bareng PT Sarima s Ahmadi Pratama ini mampu menempuh kecepatan maksimum hingga 120 km/jam. 

Dan dalam setiap pengisian, mobil mungil ini mampu menempuh jarak hingga 135 km. 


Nantinya, konsentrasi PLN terhadap mobil listrik nasional ini adalah penjualan listriknya. Saat ini kami tengah meriset dan mengembangkan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) untuk kendaraan listrik.

Dalam mengendarai mobil listrik ini, penumpang atau pengemudi akan merasakan respons tinggi, nyaman, dan nyaris tak ada suara alias halus. Dan terpenting, mobil ini akan mampu menghemat energi serta ramah lingkungan.