Dikembangkan Mesin 1.000 cc Bertenaga Dasyat


Saat ini mesin berkapasitas kecil masih dianggap sebelah mata, terutama bila kita berbicara mengenai performa. Namun pabrikan mobil dari Amerika, Ford ingin mematahkan anggapan tersebut. Mesin 1.000 cc dengan tenaga 150 bhp pun sedang mereka kembangkan.

Tenaga 150 bhp sendiri biasanya disuguhkan oleh mesin-mesin yang berkapasitas antara 1.300-1.600 cc. Namun, Ford mencoba meminimalisasi kapasitas mesin mereka tanpa mengurangi tenaganya.

Untuk itu, mesin Ecoboost 1.0 liter pun mereka racik kembali. Bila sebelumnya, mesin itu hanya menyuguhkan tenaga 123 bhp saat dipasang di Ford Fiesta versi produksi, nantinya, mesin ini akan menyuguhkan tenaga yang lebih besar.

Mesin itu nantinya akan diproduksi massal dan dipasang ke mobil-mobil Ford masa depan. Meski begitu, kualitas bahan bakar harus tinggi.

Untuk permulaan, mesin itu akan dipasangan pada mobil Formula Ford terlebih dahulu dan dites di sirkuit legendaris Nurburgring.

Selain itu, mesin ini juga masih harus dites pada temperatur ekstra dingin dan panas dengan suhu minus 40 derajat sampai dengan suhu panas 50 derajat celcius.

Di sirkuit Nurburgring, Ford juga akan mengetes mesin Ecoboost 1.0 liter tersebut, tapi dengan tenaga yang lebih besar yakni 202 bhp meski sebenarnya Ford mengatakan tenaga mesin ini bisa dikembangkan sampai 220 bhp.

Melihat angka tersebut, tenaga mesin 1.000 cc itu terhitung lebih besar dibanding mesin 1.600 cc yang saat ini ditempatkan di Fiesta. Bukan apa-apa, mesin 1.6 liter yang ada di Fiesta 'hanya' bertenaga 180 bhp.