Test Drive: Nissan Grand Livina Terbaru

Beberapa waktu yang lalu PT Nissan Motors Indonesia (NMI) yang memperkenalkan Nissan Grand Livina terbaru. Hal ini akan semakin meramaikan persaingan di segmen Compact MPV. 

Lampu depan model triangular kini dibuat lebih tajam. Grill kini mengaplikasi model V de­ngan dasar datar. Bentuk bumper dan fog lamp juga diubah oleh para desainer Nissan.

Lampu belakang berubah total. Kini ia lebih besar dan menyatu dari pinggul sampai sebagian pintu bagasi. Sementara sudut lampu pun kini dibuat tajam.

Masuk ke dalam, kabin terlihat cerah. Ini berkat aplikasi kelir beige di jok, panel pintu dan sebagian dasbor. Untuk material, tipe XV masih mengandalkan kain atau fabric.

Layout dasbor mirip de­ngan pendahulunya. Kluster instrumen dasbor (speedometer, tachometer dan MID) berubah. Area dasbor bagian tengah terlihat sedikit lebih lebar dan bagian tengah setir turut didesain ulang. Aksen silver terdapat di dua bagian tersebut.

Posisi duduk masih sama dengan versi sebelumnya, nyaman seperti sedan sehingga enak buat perjalanan jauh. Setir ringan saat diputar dan cukup tajam, tapi kurang memberi feedback kepada pengemudi.

Bantingan suspensi juga masih menyenangkan seperti generasi sebelumnya. Sistem peredam kejut dan sasis monokok mobil ini sukses memanjakan penumpang dan pengemudi. Bantingan empuk bisa diraih tanpa mengorbankan stabilitas berkendara.

Grand Livina memakai mesin baru, HR15DE 1.498 cc dengan injektor ganda (dual injector) dan twin VTC (Variable Timing Control). Kombinasi dua teknologi ini meningkatkan efisiensi thermal dan mereduksi air intake resistance pada mesin. Klaim Nissan, efisiensi bahan bakar meningkat 4% dibanding mesin generasi sebelumnya.

Jantung baru ini dikombinasikan transmisi XTRONIC CVT (Continuous variable Transmission). Transmisi ini bekerja dengan halus karena tidak adanya entakan saat perpindahan gigi. Kerja peranti ini sangat sigap dan halus. 

Tipe XV dibekali, tilt steering dan head unit single DIN yang bisa memutar cakram DVD. Oh ya, di atap juga terdapat sebuah roof monitor yang siap menghibur penumpang baris ke-2 dan ke-3.

Untuk safety, Grand Livina juga dibekali beberapa fitur. Dual SRS Airbag, pretensioner seatbelt, rem ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution) dan BA (Brake Assist) merupakan peralatan keselamatan standar.

Anda membutuhkan pedoman perbaikan buat Nissan Livina, klik disini.