Inilah Cara Menentukan Harga Jual Mobil Bekas Anda


Terdapat banyak cara untuk menentukan harga buat mobil bekas Anda yang akan dijual. Berikut ini adalah beberapa langkah dan cara menentukan harga jual mobil bekas yang dapat memberi petunjuk bagi Anda untuk melaksanakan proses yang penting ini.
  1. Tentukan Pasar. Apakah jenis mobil Anda ini sedang banyak permintaan di pasar? Bisakah Anda memasang harga yang tinggi? Apakah ini waktu yang tepat untuk menjual mobil? Berikut ini sedikit hal-hal umum yang dapat menjawab pertanyaan tersebut:
  • Sedan keluarga, meski terkesan membosankan bagi banyak penggila mobil, permintaan jenis mobil ini tetap konstan terutama bagi orang-orang yang memerlukan transportasi dasar dengan harga yang tidak mahal.
  • Cuaca atau musim juga mempengaruhi permintaan mobil bekas terutama untuk jenis mobil tanpa atap atau pun mobil sport.
  • Truk dan vans dapat dijual dengan cepat dan harga permintaan yang kompetitif, karena banyak orang membutuhkannya untuk bekerja.
  • Mobil koleksi akan cenderung lebih lama untuk dijual. Meskipun Anda dapat menjualnya dengan harga yang pas jika bertemu dengan pembeli yang tepat.
  1.  Lihat Petunjuk Harga. Cari daftar harga mobil-mobil bekas di situs-situs yang terpercaya. Beri sedikit harga lebih untuk memungkinkan Anda bernegosiasi dengan calon pembeli. Serta bandingkan juga daftar harga bekas di tempat lain untuk memberi perbandingan.
  2. Survei Kompetitor Anda. Periksa lebih jauh iklan-iklan di situs atau pun surat kabar untuk melihat harga yang dipatok penjual untuk mobil yang sejenis dengan yang Anda miliki. Bandingkan pula kondisi mobil, jarak tempuh yang telah dipakai, lokasi geografis dan patokan harga untuk mobil bekas Anda untuk memberi petunjuk harga jual mobil bekas Anda.
  3. Hargai mobil bekas Anda secara kompetitif. Sebagaimana telah disebutkan di atas, beri harga yang memungkinkan Anda untuk bernegosiasi. Patok di atas harga lebih tinggi dari pada uang yang Anda harapkan dari penjualan mobil bekas tersebut. Jika Anda dapat menjual dengan harga yang dipatok tersebut itu sangatlah bagus. Namun jika Anda harus menurunkannya, setidaknya Anda tidak merugi banyak.
  4. Mainkan intuisi Anda. Ketika Anda telah memperhatikan semua data tersebut, sekarang waktunya berkonsultasi dengan intuisi Anda. Mungkin Anda mempunyai satu keyakinan bahwa mobil bekas Anda itu banyak peminatnya, atau saat itu adalah waktu yang tepat untuk mematok harga tertentu.