Modifikasi mobil termasuk yang berhubungan
dengan aerodinamika memiliki potensi mengubah karakter pengendaraan
mobil tersebut. Ada pengaruh positif, ada juga pengaruh negatif.
Positifnya selain mendongkrak penampilan juga mampu meningkatkan gaya
tekan sehingga mobil terasa lebih menapak ketika bermanuver di kecepatan
tinggi.
Negatifnya, ubahan-ubahan itu juga potensial membuat konsumsi BBM lebih boros. Sehingga jika dipakai tidak sesuai peruntukkan, maka hanya mendatangkan kerugian.
SPOILER
Spoiler
depan atau belakang adalah perangkat aerodinamika yang bertujuan
meningkatkan gaya tekan. Saat dipasang, spoiler ini cukup kontras dengan
mobil sehingga signifikan mengubah tampilan jadi lebih sporti.
Masalahnya,
gaya tekan itu berarti memberi tambahan beban terhadap mesin untuk
melajukan mobil. Pemasangannya pun memberi tambahan bobot. Sehingga
untuk melaju pada kecepatan yang sama, mesin membutuhkan bahan bakar
lebih banyak. Terlebih gaya tekan itu muncul setelah kecepatan tinggi.
Nah, jika mobil lebih banyak digunakan di dalam kota, tak banyak
bermanfaat karena kecepatan yang bisa diraih relatif rendah.
DEFLEKTA
Fungsi deflekta adalah mengalirkan angin dari depan agar tidak langsung menerpa windscreen. Efek lain, kotoran seperti kerikil atau serangga kecil tidak langsung menabrak kaca dan mengotori kaca depan.
Namun akibat fungsinya itu ia menjadi masalah. Tugasnya menghalau angin dan memperbesar nilai hambatan udara. Hal ini dapat memberi tambahan beban ke mesin yang berujung konsumsi BBM lebih boros.
APLIKASI
Dengan
spesifikasi material dan pola kembang yang sama, ban dengan ukuran
lebih lebar punya daya cengkeram lebih baik dibanding yang lebih kecil.
Tak hanya itu, aplikasi ban lebar apalagi turut memakai pelek diameter
besar efektif mendongkrak penampilan.
Konsekuensi cengkeraman meningkat turut menaikkan rolling resistance
sebuah ban. Membesarnya hambatan gulir tentu membuat kerja mesin lebih
berat karena seperti mendapat tambahan beban untuk berjalan. Belum lagi
masalah bobotnya.
ROOF RACK
Di
kala perjalanan jauh, bagasi ekstra memiliki manfaat besar untuk
membawa barang. Ukurannya pun beragam, menyesuaikan kebutuhan dan
dimensi mobil.
Tapi ketika tidak diperlukan lagi, pemasangan roof rack dan roof box hanya mengundang kerugian. Pertama dari segi bobot. Semakin besar ukuran akan semakin berat. Dan meski menggunakan material ringan seperti plastik, tapi akumulasi aksesori dan peralatan lainnya akan menghasilkan bobot yang signifikan.
Kedua, dimensinya yang besar merupakan obyek
penghasil hambatan angin. Bertambahnya hambatan angin berbanding lurus
dengan penambahan beban kerja mesin. Konsumsi bahan bakar pun
terkorbankan.