Perlunya Rotasi pada Ban Mobil


Ban memanglah produk fast moving alias akan sering diganti, terutama jika sudah botak. Padahal, idealnya, penggantian ban dilakukan menyeluruh supaya mobil bergerak stabil atau demi faktor keselamatan. Tentu saja ini membuat uang yang keluar lebih banyak. Sementara itu, jika misalnya hanya mengganti ban depan kanan saja, maka hasilnya terasa tidak imbang.
   

Untuk itu, sebelum ban mobil Anda terlanjur botak sebelah, tips untuk merotasi ban bisa digunakan agar usia tiap-tiap ban lebih panjang. Rotasi ini bisa dilakukan setiap mobil menempuh jarak 5.000 km. Jika ukuran ban depan dan belakang sama, tetapi ukuran ban serep berbeda, maka tukar ban depan kanan ke belakang kanan dan sebaliknya, sementara ban depan kiri ke belakang kiri dan sebaliknya.

Jika ukuran keempat ban sama dengan ban serep, maka ban kanan depan dijadikan ban serep, ban belakang kanan dijadikan ban depan, sementara ban serep menjadi ban belakang. Setelah itu, saling tukarkan posisi ban kiri depan dan ban kiri belakang. Atau, bisa juga penukaran secara silang, ban kanan depan ke kiri belakang atau menjadi serep lalu ban kiri belakang ke depan. Kemudian, ban kiri depan ke kanan belakang dan sebaliknya.

Jika ukuran ban deret depan dan deret belakang berbeda, rotasi dilakukan menyamping. Ban kiri depan ke kanan, ban kanan depan ke kiri. Demikian pula sebaliknya, ban belakang kanan ke kiri, ban belakang kiri ke kanan.

Jangan lupa perhatikan velg penyangga ban serep, apakah kondisinya masih laik jalan. Jika kurang, maka perlu tukar velg. Selamat mencoba.