Periksa Bagian Ini Saat Membeli Mobil Baru

Di awal tahun ini Anda ingin membeli mobil baru untuk mengganti mobil yang lama. Jangan lupa periksa bagian ini saat serah terima mobil baru Anda.
   

Cek Bodi Mobil
Perhatikan kondisi seluruh bodi mobil. Cermati ada baret atau kerusakan cat lainnya. Ada tidak ada cacat yang terlewat, sebaiknya pengecekan dilakukan di tempat yang terang. Bila ditemukan ada cacat, Anda berhak untuk meminta unit pengganti lain.

Periksa Kabin
Kabin mobil baru umumnya ditutupi sarung plastik. Ini bukan berarti jok atau panel pintu bebas dari cacat. Minta tolong dealer buka untuk melihat kondisi komponen. Bila ada kerusakan segera minta penggantian komponen.

Periksa Dokumen
Kecuali BPKB dan faktur, Anda akan mendapat sejumlah dokumen. Utamanya STNK, periksa data yang tertera di sana. Mulai dari nama, alamat, nomor rangka, dan nomor mesin. Bila ada kesalahan minta dealer untuk perbaiki.

Buku Panduan Pemilik & Buku Servis
Buku ini mesti ada di mobil. Ia akan membantu Anda memahami fitur-fitur yang ada di mobil. Sementara buku servis untuk melakukan perawatan berkala di bengkel resmi.

Tool Kit
Anda akan dibekali tool kit standar. Periksa keberadaannya dan apakah alat yang diberikan sesuai dengan pabrikan.

Tes Mobil
Sebelum serah terima, lakukan test drive singkat dulu. Pastikan tak ada bunyi-bunyi tak wajar atau aneh dari mesin dan suspensi. Periksa indikator di dasbor dan nyalakan AC serta head unit.