Tes Performa: Mu-X vs Pajero Sport vs Fortuner

SUV menjadi salah satu segmen ken­daraan yang cukup digemari saat ini oleh konsumen Tanah Air. Penampilan SUV yang yang gagah dan infrastruktur jalan di Indonesia menjadi salah satu alasan yang banyak dilontarkan oleh pemiliki SUV di Indonesia. 

Adanya peluang tersebut Isuzu MU-X pun hadir meramaikan pertarungan di kelas Big SUV dengan bermodalkan banyaknya fitur yang disajikan. Jelas hal ini dapat mengancam popularitas dari rival pendahulunya, yaitu Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.
      
Dari tiga SUV tersebut tenaga Mitsubishi Pajero Sport Dakar yang mencapai 176 dk pada 4.000 rpm membuatnya lebih unggul dibanding dua pesaingnya. Tercatat akselerasinya dari 0-100 km/jam hanya 10,9 detik. Selisihnya cukup jauh dibandingkan rival terdekatnya, Toyota Fortuner 12,42 detik.

Dengan torsi maksimum sama-sama 350 Nm, Toyota Fortuner memang lebih irit dimana konsumsi BBMnya untuk dalam kota 11,8 km/liter sedangkan di tol 14,6 km/liter. Berbeda tipis dengan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan catatan konsumsi BBM dalam kota 9,8 km/liter dan 13,2 km/liter di tol.

Bagaimana dengan Isuzu MU-X? Dari segi tenaga masih kalah dengan dua rivalnya. Hanya satu keunggulan dari produk andalan baru Isuzu ini, ialah keiritan BBM dibandingkan rivalnya. Tercatat saat di dalam kota konsumsi BBM-nya mencapai 14,3 km/ liter dan tol bisa mencapai 15,6 km/liter. Sayangnya, tenaga maksimumnya hanya 136 dk dan torsinya paling rendah yakni 320 Nm pada 2.800 rpm.