Test Drive Mitsubishi Delica

Mitsubishi baru saja meluncurkan Delica di IIMS 2014. Delica sendiri merupakan singkatan dari Delivery Car. Artinya, mobil ini mampu mengantarkan penumpangnya ke beragam lokasi terpencil sekali pun. Dengan kata lain, mobil keluarga ini memiliki daya jelajah yang mumpuni layaknya sebuah SUV.

Tak heran bila Delica memiliki ground clearance hingga 190 mm. Apalagi di negara asalnya, Jepang, Delica menyediakan pilihan penggerak 4 roda, meski tipe ini tidak akan masuk untuk pasar Indonesia.
   

Layaknya sebuah mobil keluarga, Delica pun menawarkan beragam kepraktisan tingkat tinggi di dalamnya. Dari akses masuk penumpang saja, dua pintu geser elektris telah tersedia untuk kemudahan. Lalu seluruh bangku dapat dimaju-mundurkan untuk memberi fleksibilitas optimal untuk mengatur legroom yang diinginkan, hingga baris ketiga sekalipun.

Begitu pula dengan atap yang tinggi. Headroom pun langsung tercipta sehingga penumpang kian merasa lapang. Satu yang unik adalah Delica memang dirancang untuk keluarga yang senang berpetua­lang. Di atap bangku baris ke­dua tersedia 4 buah pengait untuk menempatkan cargo net sebagai tempat menyimpan barang layaknya disebuah tenda. Hal serupa juga tersedia di pintu belakang, meski untuk menggunakannya pintu perlu dibuka.

Luasnya interior tentu perlu didukung dengan sistem AC yang optimal. Mitsubishi pun telah menyematkan AC Climate control dengan double blower untuk baris ketiga. Alhasil, kesejukan kabin pun akan selalu terjaga diberagam kondisi cuaca.

Untuk tenaga penggerak sendiri, Mitsubishi mengandalkan mesin berkapasitas 1.998 cc 4-silinder bertenaga 150 dk yang dipadu dengan transmisi tanpa roda gigi alias CVT. Asyiknya, engineer tetap menyematkan paddle shift agar pengemudi serasa menggunakan transmisi manual dengan 6 percepatan.

Tak hanya itu, teknologi idle start-stop pun disematkan untuk mereduksi konsumsi BBM ketika mobil berhenti. Lalu hill start assist mampu menahan selama 3 detik agar mobil tidak mobil bergerak saat hendak melaju di jalan menanjak.

Tak cukup sampai disitu, rem cakram di keempat roda telah dilengkapi dengan teknologi ABS+EBD dan BA serta telah me­ngusung kontrol kestabilan. Plus 3 buah airbags tersedia di depan sebagai perlin­dungan tambahan. Alhasil, pengemudi kian merasa aman saat mengendarai mobil keluarga ini.