Panduan Membeli Mobil Hemat BBM

Semakin mahalnya harga BBM membuat calon pembeli mobil harus pintar dalam memilih mobil incarannya. Ada baiknya menyimak tips berikut sebelum memilih dan membeli mobil yang hemat BBM:
                              

Mobil keluaran baru cenderung lebih efisien dalam hal BBM daripada mobil-mobil yang lebih tua. Faktor utamanya adalah teknologi, pabrikan mobil selalu memikirkan bagaimana membuat mobil-mobil mereka lebih irit BBM untuk memikat konsumen dengan pengembangan teknologi yang dilakukan secara kontinyu.

Pada umumnya semakin besar ukuran kendaraan, semakin besar kapasitas mesinnya dan semakin besar pula konsumsi bahan bakarnya. Jadi, jika Anda tidak terlalu membutuhkan banyak ruang, fitur, atau kapasitas penumpang yang lebih banyak dari mobil Anda, pilihlah mobil yang berukuran kecil. Pengeluaran Anda dari BBM bakal akan terasa lebih hemat dalam jangka panjang.

Transmisi manual umumnya lebih efisien bahan bakar daripada otomatis. Jika digunakan dengan benar, mobil bertransmisi manual dapat lebih hemat BBM hingga 5-10 persen dibandingkan dengan mobil bertransmisi otomatis.

Namun, jika Anda lebih menyukai mobil bertransmisi otomatis, transmisi otomatis 4 percepatan ternyata lebih irit BBM 3-5 persen daripada 3 percepatan dan transmisi otomatis 5 percepatan lebih irit BBM 3 persen dari 4 percepatan. Kesimpulannya adalah, lebih banyak gigi pada transmisi otomatis berarti lebih irit BBM.  

Mobil yang memiliki fitur lebih banyak cenderung lebih boros bahan bakar, karena menambah bobot dari mobil. Penambahan alarm, AC, rak atap, konsol tengah, perangkat hiburan seperti audio dan televisi, dan opsi-opsi lainnya akan sangat berpengaruh terhadap konsumsi BBM dari mobil.

Perhatikan juga soal sisi eksterior seperti velg, knalpot,  body kit, wing, atau spoiler belakang, rak atas, tanduk atau pelindung tabrakan, dan lainnya. Fitur ini bukan hanya akan membuat kendaraan Anda lebih berat, tetapi juga akan menguras kekuatan tambahan dari mesin yang berarti mobil Anda bakal lebih boros BBM.