First Drive: Tata Vista

Tata Motors Indonesia mulai melakukan penetrasinya di pasar Indonesia dengan menghadirkan tiga produk baru sekaligus. Salah satunya, Tata Vista yang diharap-harap bisa berbuat banyak di segmen citycar atau hatchback.

Desain Jauh dari Kesan Mobil Jepang

Pabrikan India seperti Tata Motors, sepertinya punya gaya dan selera sendiri dalam mendesain sebuah mobil. Nah, kita yang terbiasa dikelilingi produk Jepang dan Korea, tentu akan sedikit aneh melihat Tata Vista.

Namun, secara umum, tampilannya tidak bisa dibilang jelek untuk diajak kongkow bareng. Apalagi sudah disematkan aerokit tambahan, juga spoiler belakang, sehingga membuat tampangnya oke diajak gaul.

Saat masuk kedalam kabinnya, nuansa interior dengan dua warna memang enak dipandang, hanya perpaduan warna pada dashbord yang krem dan emas pada panel-panelnya agak sedikit janggal dilihat.

Namun, fitur-fitur seperti audio double-din, dual airbags, juga rem ABS dan EBD, serta ruang bagasi seluas 232 liter, lebih dari cukup untuk sebuah hatchback asal India ini. Oya, meter cluster yang posisinya ditengahdashbord juga cukup menarik perhatian.

Posisi duduk dan kualitas busa kursinya juga oke, tidak terlalu empuk juga tidak terlalu keras. Visibilitas pandangan keluar pun cukup leluasa. Hanya saja, posisi stir sedikit bikin kagok, karena meski bisa dinaik-turunkan. Stirnya seperti terlalu dekat dengan dada pengemudi.

Akselarasi dan Handling Yahud

Mesin Safire 1.4 liter DOHC yang tertanam dibalik kap mesin, lumayan terdengar sampai di dalam kabin. Apalagi ketika melakukan akselarasi, suara derum mesin dan gemuruh ban masih jelas terdengar di dalam kabin. Tata Motors setidaknya harus membenahi sistem peredaman kabinnya agar semakin senyap.

Namun, urusan tenaga, mesin yang bisa menghasilkan power 90 dk dan torsi 116 Nm terbilang yahud. Dengan transmisi manual 5 speed, injakan pedal kopling yang enteng, membuat mobil ini praktis untuk melakukanstop and go di kemacetan. Akselarasinya cukup responsif, dan tenaga terus mengisi pada tiap-tiap perpindahan gigiya.

Poin plus pada Tata Vista yang juga dirasakan otomotifnet.com adalah handling dan redaman suspensinya yang yahud untuk mobil seharga Rp 129,9 juta ini.

Melewati jalan bumpy dan berlubang, serta polisi tidur yang kerap ditemui, tidak masalah. Sistem suspensinya dapat meredam setiap guncangan dengan baik. Sejurus dengan handlingnya yang juga ternyata asik diajak bermanuver. Cukup gesit dan presisi, serta stabil di kecepatan tinggi.

Harga Ekonomis

Meski pesaingnya disegmen ini cukup berat, sebut saja KIA Rio, Hyundai Grand Avega, bahkan Suzuki Swift, yang semuanya menggunakan mesin berkapasitas 1.4 liter, namun dengan harga Rp 129,9 juta ini Tata Vista bisa dijadikan pilihan untuk yang punya budget pas-pasan.