Test Drive: Toyota Grand New Avanza

Beberapa hari yang lalu Grand New Avanza resmi diluncurkan. Secara tampilan memang jauh berbeda dengan tipe sebelumnya. Terutama bagian depan, bumper dengan gril besar dikombinasi dengan spoiler yang menyatu dengan bumper membuat terlihat lebih elegan. 


Sementara bagian belakang hanya terjadi perubahan pada rear lamp yang ditambah ‘mata kucing’ agar kelihatan lebih lebar. Di atas dudukan pelat nomor ada pelat garnis baru bernuansa krom. 

Mengusung mesin tipe 1NR-VE (1.3L) 4 silinder, 16 valve, DOHC, dual VVT-i. Mampu menyemburkan tenaga 96,5 dk di putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 12,3 kgm di 4.200 rpm. Mesin suaranya terdengar halus saat dinyalakan.

Untuk yang versi transmisi matik sudah menerapkan teknologi drive by wire. Jadi pedal gas tidak dihubungkan dengan kabel ke mesin, tetapi sudah wireless. Menggunakan sensor di pedal yang mengirim sinyal ke sensor di mesin. 

Ketika di jalan suasana kabin memang terasa lebih senyap. Suara dari luar bisa direduksi dengan baik. Hal ini berkat penambahan peredam di lantai dan bodi GNA. Demikian juga dengan penggunaan gardan desain baru, ikut mengurangi noise yang masuk ke kabin. Satu lagi, karet pintu sudah menggunakan model balon. 
Kaki-kaki baru ternyata memiliki bantingan sedikit agak keras saat melewati jalan berlubang. Tetapi saat di jalan mulus mobil jadi lebih stabil, demikian pula saat diajak bermanuver melalui jalan berliku. 

Untuk warna Grand New Avanza memiliki 8 pilihan dengan 4 waarna baru. Ada Nebula Blue, Dark Brown Mica Metallic, Dark Red Mica Metallic dan Grey Metallic. Sedangkan Grand New Veloz tersedia 4 pilihan warna dengan 1 warna baru, yaitu Dark Red Mica Metallic.