Inilah Fitur-Fitur Wajib di Mobil Modern

Teknologi sebuah mobil terus berkembang dari zaman ke zaman. Mungkin saat ini hampir semua teknologi impian di sebuah mobil sudah hadir. Namun, masih ada juga mobil-mobil modern yang masih menggunakan teknologi lama, seperti masih menggunakan kunci kontak.

Apa pun perkembangan teknologi di sebuah mobil, berikut ini adalah fitur-fitur yang wajib ada di setiap mobil modern:

Bluetooth
Bagi Anda yang selalu sibuk dengan telepon, fitur Bluetooth merupakan hal akan sangat membantu Anda ketika harus menelepon sambil mengemudi.

Dan, rasa-rasanya hampir setiap orang yang menggunakan mobil setiap hari pernah menerima telepon ketika mengemudi.

Dengan adanya fitur Bluetooth, Anda tak perlu repot lagi melepas tangan dari kemudi mobil. Mengemudi pun tetap aman berkat Bluetooth ini.

Lampu Otomatis
Mungkin Anda merasa bahwa fitur lampu depan otomatis ini adalah hal yang kurang begitu penting. Namun, bagi pengemudi yang sering lupa menyalakan lampu, ini adalah fitur yang penting.

Selain berfungsi menyalakan lampu secara otomatis ketika hari sudah gelap, fitur ini juga berfungsi untuk mematikan lampu.

Pernahkah Anda meninggalkan mobil dalam keadaan lampu masih menyala, dan ternyata aki mobil kehabisan listrik karena lampu yang terus menyala tersebut? Fitur ini akan memperbaiki hal tersebut untuk Anda.

USB Port
Lupakan kaset, CD, dan radio. Ini saatnya Anda mendengarkan musik melalui flash disc. Karena itu, dibutuhkan sebuah konektor berupa USB. Selain untuk mencolokkan flash disc, UBS Port juga berguna untuk mengisi daya baterai telepon genggam Anda.


Kontrol di Kemudi
Ini merupakan salah satu fitur yang wajib ada di sebuah mobil karena akan memudahkan hidup setiap pengemudi.

Dengan adanya fitur kontrol di setir, Anda dapat mengangkat telepon, mengatur volume musik, mengganti lagu, atau mengatur spion dengan sangat mudah.

Jika melihat zaman dahulu ketika harus menurunkan kaca terlebih dahulu untuk mengatur posisi spion, tentu ini adalah teknologi yang sangat membantu.

Tombol Menyalakan Mobil
Beberapa mobil modern sudah memiliki fitur ini di mobilnya, tapi masih banyak mobil yang menggunakan kunci kontak untuk menyalakan mobil.

Sudah saatnya mobil-mobil yang menggunakan kunci kontak untuk beralih menggunakan tombol untuk menyalakan mobil.

Dengan adanya fitur ini, Anda tak perlu lagi khawatir jika kunci mobil tertinggal atau hilang, atau yang lebih parah adalah kunci mobil tertinggal di dalam mobil yang kemudian mengunci secara otomatis.

Inilah Mobil-Mobil Bekas Terlaris di Indonesia

Setiap menjelang lebaran masyarakat banyak berburu mobil bekas. Beberapa faktor seperti kondisi, harga, kelengkapan dokumen kendaraan menjadi beberapa faktor penting yang perlu dicermati. Sebagai tambahan, Anda juga bisa mencari mobil bekas dengan melihat apakah ia laris atau tidak di bursa mobil bekas.


Proses mendapatkan mobil yang notabene laris di pasar mobkas tentunya berbanding terbalik dengan harganya. Lantaran banyak peminat, tentu harga pun akan ditahan atau malah “dimainkan” oleh penjual. Maka cermatlah dalam memilih serta pertimbangkan dengan matang, termasuk harga, sebelum melakukan pembelian.

Berikut ini mobil-mobil bekas terlaris di kelasnya  dengan usia 5 tahun.

Small Hatchback - Nissan March

Tahun : 2010-2012
Mesin : 1.198 cc 3 -silinder, 80 dk
Harga : Rp 100-125 juta

Mengandalkan mesin 1.200 cc berkonfigurasi 3 silinder merupakan generasi pertama March di Indonesia. Ia pun sangat diminati dalam kondisi bekas karena efisien mengolah BBM serta bodi yang kompak. Anda harus cermat berburu karena larisnya March, ia cepat sekali terjual di pasar mobil bekas.
 
Compact Hatchback - Honda Jazz

Tahun : 2010-2012
Mesin : 1.497 cc 4 -silinder, 120 dk
Harga : Rp 170-190 juta

Hatchback lansiran Honda ini memang sangat digemari. Desain eksteriornya menjadi salah satu daya tariknya dibanding rivalnya dan kerap dimodifikasi. Terlebih konsumsi BBM-nya juga hemat, diiringi dengan fun to drive, kabin lega dan mesin bertenaga 120 dk. Harganya pun relatif bertahan di pasar mobkas.
 
Low MPV - Toyota Avanza

Tahun : 2010-2011
Mesin : 1.298 cc 92 dk dan 1.496 cc 4 silinder, 109 dk
Harga : Rp 130-135 juta

Di kelas Low MPV, Avanza telah lama jadi primadona. Maklum, ia adalah pionir di kelas ini. Karenanya tak heran jika populasinya pun besar di pasar mobkas. Meski sudah muncul model pengganti, tapi tetap laris terjual dan harga jualnya tetap tinggi. Tak sulit untuk mendapatkannya di bursa mobkas. Terlebih tersedia pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc VVT-i.

Medium Hatchback - VW Golf GTi MkVI

Tahun: 2010-2012
Mesin: 1.984 cc 4 silinder turbo, 210 dk
Harga: Rp 400 - 525 juta

Hatchback buatan Jerman ini sangat diminati lantaran performanya. Tenaga mesin, transmisi DSG 7-speed, dan pengendaliannya membuatnya nikmat dikemudikan. Meski biaya perawatan tergolong tinggi, Perilaku pemilik mobil Eropa yang cenderung lebih apik membuat Golf dalam kondisi bekas umumnya tetap sehat. Walau unit terbatas, Anda bisa mencari Golf MkVI ini di gerai mobil bekas impor di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara.
 
Small Sedan - Toyota Vios

Tahun: 2010-2013
Mesin: 1.500 cc, 4 silinder, 109 dk
Harga: Rp 135-170 juta

Vios generasi kedua ini terbukti laris di pasar mobil bekas. Harga jual kembali yang tetap tinggi dan banyaknya bengkel resmi, membuat kondisi mayoritas Vios bekas relatif tetap terjaga. Kabin lapang dan mesin hemat BBM menjadi salah satu faktor ia diminati. Generasi ketiga Vios juga sudah ada di pasar mobil bekas, tapi populasinya belum banyak.
 
Medium Sedan - Honda Civic 1.8 AT

Tahun : 2010-2011
Mesin : 1.799 cc 4 silinder, 140 dk
Harga : Rp 210-240 juta

Civic ini memiliki daya tarik utama pada desain eksterior yang menarik. Selain itu handling-nya yang tajam dan mesin 1.800 cc yang responsif ternyata masih mampu memberikan konsumsi BBM yang efisien. Itulah faktor yang membuatnya paling diminati di kelasnya. Namun jika Anda ingin performa mesin lebih, ada varian bermesin 2.000 cc dengan lebih banyak fitur. Tentunya harganya akan lebih mahal.

Big Sedan - Toyota Camry

Tahun: 2006 - 2009
Mesin: 2.400 cc 4 silinder, 167 dk, 3.500 cc V6, 277 dk
Harga: Rp 180 - 250 juta

Di kelas ini, Camry 2.400 cc lebih diincar karena kemewahan dan kenyamanannya yang sudah memadai walau tidak selengkap varian 3.5Q. Meski generasi penerusnya sudah ada di pasar mobil bekas, tapi Camry Gen 3 tetap diburu lantaran harganya yang juga lebih terjangkau. Cukup menarik lantaran taburan fiturnya tak berbeda jauh dengan model yang lebih muda.
 
High MPV - Nissan Serena (C24)

Tahun : 2010-2013
Mesin: 1.998 cc 4 silinder, 147 dk
Harga: Rp 195 - 310 juta

MPV Nissan ini memang mengutamakan faktor kenyamanan. Hal itu terlihat dari bantingan suspensi dan busa jok yang empuk. Selain kenyamanan, akomadasi menjadi daya tariknya. Seperti kabin lapang dengan sepasang captain seat serta pintu geser elektrik yang memudahkan akses. Meski cukup boros BBM, MPV ini banyak digunakan sebagai mobil kedua, dan dealer Nissan memperhatikan para pemilik Serena untuk perawatan berkala membuat kebanyakan mobil ini tetap sehat meskipun dalam kondisi bekas.

Big SUV - Toyota Fortuner

Tahun : 2010-2012
Mesin: 2.494 cc 4-silinder diesel turbo, 144 dk
Harga: Rp 300 - 400 juta

Di kelas Big SUV, Toyota Fortuner masih menjadi mobkas yang paling diincar. Tapi memang Fortuner bermesin bensin tidak sepopular Fortuner bermesin diesel. Varian diesel masih yang terlaris. Tapi Fortuner bensin tetap menarik karena mesinnya halus, tampilan gagah dan memiliki pilihan penggerak 4x4. Populasinya cukup besar di pasar mobkas dan resale value-nya juga terjaga.

Medium SUV - Honda CR-V

Tahun : 2010-2012
Mesin: 2.000 cc 4-silinder, 2.400 cc 4-silinder
Harga: Rp 250-300juta

Meski model terkini telah masuk ke pasar mobil bekas, tapi CR-V ini lebih diminati. Desainnya yang memang sangat matang sebagai SUV yang elegan. Adanya pilihan 2 mesin, 2.000 cc dan 2.400 cc juga memperbesar minat pembeli. Selain soal desain eksterior, kabinnya juga lega dan asyik dikemudikan meski suspensinya cukup keras.
 
Double Cabin - Mitsubishi Strada Triton

Tahun : 2010-2011
Mesin: 2.477  cc 4-silinder
Harga: Rp 210-230 juta

Di kelas double cabin, Strada Triton sangat laris lantaran harga yang ditawarkannya lebih terjangkau dibanding rivalnya. Selain itu modelnya yang masih segar serupa dengan model yang masih diproduksi membuat resale value yang juga bertahan. Namun sebagai mobil pekerja, perhatikan betul kondisi kaki-kakinya jika Anda berminat meminang Triton.